Saturday, September 5, 2015

hati- hati dengan bakteri Salmonella

Salmonella adalah bakteri yang dapat menyebabkan infeksi gastrointestinal atau lebih dikenal sebagai salmonellosis. Biasanya salmonellosis juga disebut sebagai "salmonella". Infeksi ini dapat terjadi pada manusia dan hewan.
ciri-ciri bakteri Salmonella adalah bakteri gram negatif berbentuk batang. Bakteri gram negatif tidak mempertahankan pewarna kristal violet yang digunakan dalam metode pewarnaan gram karena fakta bahwa mereka memiliki dinding sel yang tipis. Bakteri gram negatif sering berbahaya bagi inang, yang merupakan kasus untuk banyak bakteri Salmonella Bakteri Salmonella memiliki panjang antara 2 dan 5 mikrometer dan diameter 0,7-1,5 mikrometer. Mereka memiliki flagela, yang proyeksi seperti ekor yang terbuat dari protein yang membantu bakteri untuk bergerak.

Manusia dapat terinfeksi salmonella setelah bakteri masuk ke dalam tubuh. Hal ini terjadi karena mengonsumsi makanan yang mengandung bakteri salmonella. Anda bisa terkena salmonella dari berbagai jenis makanan, tidak hanya dari telur ataupun unggas yang kurang matang memprosesnya. Salmonella juga dapat ditemukan pada daging giling, buah-buahan, sayur-sayuran dan bahkan pada makanan beku. Salmonella juga dapat menyebar dari orang ke orang melalui kotoran manusia

Ada beberapa penyakit yang berbeda yang dapat disebabkan oleh bakteri Salmonella. Gastroenteritis, lebih dikenal sebagai keracunan makanan, adalah yang paling umum dan disebabkan oleh Salmonella enteritidis. Bentuk salmonellosis biasanya dimulai 12-72 jam setelah menelan makanan yang terkontaminasi dan berlangsung 4-7 hari menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Gejalanya meliputi diare, demam dan kram perut yang biasanya mereda sendiri tanpa pengobatan. Bakteri dapat menyeberang dari usus ke dalam aliran darah menyebabkan penyakit serius atau bahkan kematian jika tidak diobati dengan antibiotik.

Demam tifoid disebabkan oleh Salmonella typhi, juga ditularkan melalui makanan dan air yang terkontaminasi, tetapi menyebabkan sistemik (seluruh tubuh) infeksi yang lebih serius. Gejalanya meliputi demam, berkeringat, gastroenteritis, diare dan ruam. Jika tidak diobati, demam dapat berlangsung selama berminggu-minggu atau bahkan bulanan menyebabkan komplikasi yang dapat menyebabkan kematian.


BACA JUGA :

5 Makanan Rendah Kalori

Unknown

About Unknown

hanya ingin berbagi info dan tips kesehatan

Subscribe to this Blog via Email :